Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




7 Makanan Ibu Hamil yang Sehat dan Aman Untuk Dikonsumsi

Makanan ibu hamil yang sehat dan aman untuk dikonsumsi – Ibu hamil harus pandai dalam memilih makanan agar tubuhnya dan bayi yang dikandung selalu sehat dan tidak kurang satu apapun. Dengan memilih makanan yang sehat, seorang ibu hamil bahkan bisa terhindar dari kelahiran bayi prematur yang cukup mengkhawatirkan. Selain itu, pemilihan makanan sehat juga bisa memperlancar persalinan dan mengurangi gejala kehamilan yang terkadang menyiksa. Penasaran dengan makanannya? Simak ulasan khas sehatfit berikut ini.

Inilah 7 makanan ibu hamil yang sehat dan aman untuk dikonsumsi

Makanan Ibu Hamil yang Sehat dan Aman Untuk Dikonsumsi

Telur

Telur kaya akan kolin yang membantu pertumbuhan bayi dan otak bayi. Telur juga mengandung asam lemak omega 3 yang penting untuk otak dan penglihatan bayi Anda. Lebih dari itu, telur mengandung protein dalam jumlah yang sangat besar sekaligus hanya mengandung saturated fat dalam jumlah yang kecil. Yakni hanya 1,5 gram per satu telur. Khusus untuk ibu hamil yang memiliki kadar kolesterolnormal, bisa mengonsumsi 1 hingga 2 butir telur dalam satu hari.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Gunanya selain untuk membantu perkembangan janin juga untuk membuat mood Anda selalu baik. Namun demikian, sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi salmon. Tetapkan batasan pada angka 12 ons per Minggu, jangan lebih dari itu.

Kedelai

Kedelai mengandung protein dan serat secara bersamaan. Selain akan membantu Anda untuk mendapatkan asupan protein harian, kedelai juga akan membantu memperbaiki saluran pencernaan Anda selama hamil.

Baca Juga: Kenali 8 Gejala Asma Di sini, Sesak Nafas Tidak Selalu Asma

Ubi jalar

Masih banyak ibu hamil yang enggan makan ubi jalar, padahal makanan ini menjadi salah satu makanan ibu hamil yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Warna kuning dalam ubi jalar mengandung karotenoid yang oleh tubuh disubstitusi menjadi vitamin A.

Sayuran berdaun hijau

Jika Anda ingin menemukan sayuran apa yang sesuai untuk ibu hamil, pilihlah sayuran berdaun hijau. Kangkung, bayam, serta sayuran lain yang berdaun hijau bisa menjadi pilihan Anda. Sayuran ini kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K sekaligus folat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Daging tanpa lemak

Jika saat Anda hamil, Anda ingin mencicipi daging, maka tidak perlu khawatir. Anda bisa memilih daging tanpa lemak dan diolah sendiri agar lebih sehat. Pilihlah daging sapi yang bebas lemak dan olahlah dengan cara yang sehat dan hindari penggunaan lemak jenuh dalam proses pengolahannya.

Buah-buahan

Konsumsilah buah-buahan segar yang akan memberikan manfaat baik untuk tubuh Anda. Buah-buahan yang berwarna seperti kuning, oranye, ungu, dan yang lain bisa Anda pilih. Kenali juga kandungan vitamin dan mineral dari buah yang Anda konsumsi.

Itulah beberapa makanan ibu hamil yang sehat dan aman untuk Anda konsumsi selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki alergi atau gangguan kesehatan lain.

Salam – sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , ,