Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




7 Gejala Hipertensi dan Pencegahannya

Gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi memang tidak bisa dikenali dengan cukup mudah. Pasalnya, sebagian besar penderita darah tinggi tidak mengalami gejala yang sama atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Setelah tekanan darahnya tinggi dan mencapai batas yang berbahaya, barulah penderita merasakan sakit yang kemudian dapat mengancam jiwanya. Beberapa gejala di bawah ini bisa dikategorikan dalam beberapa gejala awal dari darah tinggi atau hipertensi.

Ini dia beberapa gejala hipertensi dan cara pencegahannya yang baik

Gejala Hipertensi dan Pencegahannya

Gejala penyakit hipertensi

Berikut adalah beberapa tanda dan ciri dari penyakit hipertensi yang harus Anda tahu;

  1. Sakit kepala
  2. Masalah penglihatan
  3. Nyeri yang ada di dada
  4. Rasa berdebar di dada, telinga, dan leher
  5. Darah dalam urin atau air kencing
  6. Denyut jantung yang tidak teratur
  7. Mudah lelah dan bingung

Gejala di atas bisa menjadi beberapa tanda awal yang terjadi pada penderita hipertensi. Penyakit ini bisa jadi tidak memberikan tanda dan baru akan terasa saat tekanan darah benar-benar tinggi.

Cara pencegahan

Karena tekanan darah tinggi berpotensi tidak menunjukkan gejala, Anda perlu melakukan beberapa trik untuk mengetahui berapa tekanan darah Anda, apakah normal ataukah tinggi. Caranya tentu saja dengan melakukan tensi darah secara rutin. Anda bisa melakukannya seperti tercantum di bawah ini;

Pertama, usia 18 tahun

Untuk Anda yang berusia dewasa 18 tahun ke atas, melakukan tensi darah secara teratur cukup dilakukan sebanyak 2 tahun sekali saja.

Kedua, usia 3 tahun

Anak yang usianya 3 tahun ke atas ternyata juga perlu melakukan pemeriksaan rutin pengukuran tekanan darah. Biasanya, dilakukan sebanyak sekali setiap tahun untuk check up rutin saja.

Baca Juga: Gejala Keputihan

Ketiga, bagi penderita

Tensi darah akan sangat diperlukan bagi mereka yang sudah menderita penyakit ini. Ketika sudah menderitanya, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat agar lebih aman dan sehat. Penderita harus lebih sering mengontrolkan kesehatan secara menyeluruh di samping mengukur tekanan darahnya.

Demikian informasi tentang tanda, ciri-ciri, dan gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat – sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , ,