Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




7 Gejala Anemia yang Perlu Anda Tahu – Sehat dan Bugar!

Sering kecapekan dan terlalu cepat lelah disebut-sebut sebagai salah satu gejala anemia yang paling mudah dikenali. Padahal, gejala penyakit satu ini sangat bervariasi tergantung pada jenis anemia, penyebab anemia, masalah kesehatan lain yang mendasari terjadinya anemia, dan tingkat keparahan dari anemia. Bahkan dalam beberapa kasus, anemia tidak bisa dikenali karena tidak mengeluarkan tanda atau gejala apa pun. Namun demikian, penyakit ini memiliki gejala umum yang mungkin bisa dialami oleh para penderita anemia. Simak ulasan berikut untuk keterangan lebih lengkap.

Gejala Anemia

Inilah 7 gejala anemia yang perlu Anda tahu

Pertama, kehilangan energi dan mudah kelelahan

Kehilangan tenaga dan mudah sekali lelah merupakan tanda awal dari anemia. Kelelahan memang bukan satu-satunya tanda dari penyakit anemia, tetapi bisa jadi adalah tanda atau gejala penyakit lain yang sangat bervariasi.

Kedua, detak jantung cepat

Detak jantung yang cepat di luar kebiasaan juga menjadi salah satu tanda dari anemia atau tekanan darah rendah. Detak jantung ini akan semakin cepat saat seorang penderita anemia berolahraga. Semakin banyak intensitas berolahraga, maka semakin cepat detak jantung penderita.

Ketiga, sesak napas

Gejala lain yang bisa mudah dikenali adalah sesak nafas. Sesak nafas tanpa sebab bukan asma atau yang lain. Rasa sesak nafas ini juga terjadi saat penderita berolahraga atau melakukan aktivitas yang berat.

Keempat, sakit kepala

Gejala anemia juga ditandai dengan sakit kepala. Namun demikian, saat Anda mengalami sakit kepala, belum tentu Anda mengalami anemia. Karena ini bisa jadi adalah tanda dari penyakit lain. Yang pasti, Anda harus waspada saat sakit kepala terjadi berulang dan terus menerus, bahkan tidak mudah hilang meskipun Anda sudah meminum obat untuk sakit kepala.

Kelima, sulit berkonsentrasi

Karena asupan oksigen dalam otak yang sangat minim membuat sakit pada kepala semakin terasa. Bahkan untuk berkonsentrasi sangat sulit sekali dilakukan.

7 Gejala Anemia

Keenam, kulit pucat

Orang yang terkena penyakit tekanan darah rendah mempunyai kulit yang sangat pucat. Cara mengetahuinya sangat mudah sekali, karena ini dapat dilihat langsung pada wajah atau kelopak mata bagian bawah.

Ketujuh, kram

Nah, waspadalah jika Ada sering merasa kram di bagian kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Hal ini karena kram merupakan salah satu tanda dari tekanan darah rendah. Kejadian kram ini dapat berulang bahkan dalam waktu sehari saat tekanan darah sedang turun drastis.

Ketujuh, insomnia

Susah tidur juga merupakan salah satu tanda dari penyakit anemia. Jika ini dibiarkan, kesehatan Anda secara keseluruhan akan terganggu karena kurang tidur sangat tidak baik untuk kesehatan.

Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai gejala anemia. Gejala penyakit anemia lainnya disesuiakan dengan jenis dari anemia dan penyebabnya.Semoga bermanfaat.

Salam Sehat dan Salam Fit – sehatfit.com


Tags: , , , , , ,