Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda – Hamil muda merupakan salah satu tahapan kehamilan yang sangat berat. Hari demi hari ibu yang sedang hamil muda bahkan dilingkupi dengan stres, rasa lelah, badan lemas, dan yang lainnya. Tak heran jika seorang calon ibu harus pandai dalam memilih asupan gizi yang tepat sehingga kondisinya tidak semakin parah sekaligus memperhatikan apa makanan yang baik untuk tetap sehat dan bugar. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa gambaran makanan yang dapat dikonsumsi untuk tetap sehat dan bugar saat hamil muda.

Ini dia daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda yang aman dikonsumsi

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Pertama, buah dan sayur

Makanan pertama yang aman dikonsumsi adalah buah dan sayur. Namun, tidak semua buah sayur aman untuk dikonsumsi. Anda tetap harus pandai dalam memilih buah dan sayur tersebut. Pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil muda adalah buah yang banyak mengandung vitamin C agar tubuh tetap bugar dan stamina kuat seperti jeruk dan yang lainnya. Sedangkan untuk sayuran, pilihlah sayur yang mengandung zat besi dalam jumlah banyak agar terhindar dari anemia. Anda bisa memilih sayur berdaun hijau, bayam sebagai salah satu pilihan.

Kedua, kacang-kacangan

Kacang hijau menjadi salah satu kacang yang pasti akan sangat Anda butuhkan selama kehamilan. Kacang-kacangan memiliki manfaat yang sangat baik untuk perkembangan sistem saraf bayi yang sedang Anda kandung. Selain kacang hijau, Anda bisa mencari jenis kacang yang juga mengandung asam folat serta vitamin B sama dengan kacang hijau ini.

Ketiga, sereal

Sereal menjadi makanan sehat untuk ibu hamil muda yang paling tepat saat pagi hari. Bagaimana tidak, pada saat pagi hari seorang ibu yang sedang hamil muda rentan mengalami muntah, mual, pusing, dan kehilangan nafsu makan. Sereal yang memiliki kandungan baik berupa karbohidrat, vitamin B, mineral, dan yang lainnya tidak hanya akan membantu menambah energi seorang ibu hamil tetapi juga bisa memperbaiki kesehatan sang bunda. Serat yang ada di dalamnya juga sangat baik untuk pencernaan ibu hamil.

Keempat, produk susu

Susu kedelai menjadi salah satu jenis susu yang bisa dijadikan pilihan bagi seorang yang sedang hamil. Pasalnya, jenis susu ini mengandung vitamin D dan hadir dengan rasa yang segar. Yang paling penting bagi ibu hamil adalah bagaimana mencukupi protein dan mineral sekaligus nutrisi lainnya untuk menyehatkan tubuh ibu dan menunjang perkembangan saraf dan otot pada bayi yang dikandungnya.

Kelima, air putih

Makanan selanjutnya yang pasti harus dikonsumsi dengan angka yang cukup adalah air putih. Bila perlu, Anda bisa menambahkan sari buat tertentu, misal lemon ke dalam air putih agar rasanya lebih segar.

Keenam, ikan

Omega 3 dan protein dalam ikan laut dapat membantu perkembangan otak pada janin yang Anda kandung. Maka dari itu, sangat penting kiranya untuk menambahkan makanan ini dalam menu sehari-hari Anda.

Itulah 6 makanan sehat untuk ibu hamil muda yang bisa Anda pilih. Semoga bermanfaat.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , , ,