Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




6 Makanan Sehat Mencegah Panas dan Demam

6 Makanan Sehat Mencegah Panas dan Demam – Ketika seseorang mengalami kenaikan suhu, baik itu anak-anak maupun dewasa, satu hal yang pasti tidak akan lupakan adalah mengompres orang tersebut supaya bisa segera turun suhu tubuhnya alias tidak demam lagi. Sebab demam juga datang dengan kondisi-kondisi lain yang sangat mengganggu. Misalnya saja, kesulitan untuk tidur atau istirahat, rasa tidak nyaman, bahkan sampai iritasi pada mata. Kondisi-kondisi yang diakibatkan oleh kenaikan suhu yang cukup drastis inilah yang harus dihindarkan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pencegahan demam supaya bisa terhindar dari kondisi-kondisi yang tidak nyaman itu.

Pencegahan ini bisa dilakukan dengan memilih makanan dan atau minuman yang bisa mencegah demam atau panas tubuh. Beberapa di antaranya akan kami ulas dalam artikel ini supaya Anda bisa menyelesaikan masalah demam dan menghindarkan Anda dari kondisi yang membuat tidak nyaman itu.

Berikut 6 makanan sehat mencegah panas dan demam yang mengganggu

Makanan Sehat Mencegah Panas dan Demam

Pertama, kapulaga

Kapulaga dikenal sebagai salah satu bumbu atau penyedap dalam masakan. Namun, jangan salah, ternyata kapulaga hijau juga memiliki khasiat lain yakni menurunkan suhu tubuh saat seseorang mengalami demam.

Kedua, semangka

Buah semangka juga menjadi salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan suhu tubuh saat demam. Semangka mengandung banyak sekali air bahkan hingga lebih dari 90%. Semangka juga bisa mengatur suhu dalam tubuh manusia.

Ketiga, persik

Kalau persik, khasiatnya adalah untuk menjaga kulit supaya tidak mengalami dehidrasi. Dia menjadi kulit supaya tetap bersinar dan memiliki cukup air alias terhidrasi. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin B2 serta vitamin A yang baik sekali untuk mata.

Keempat, air kelapa

Mudah sekali mendapatkan air kelapa di Indonesia. Jika air kelapa biasanya dikenal bisa digunakan untuk membuang racun dari dalam tubuh. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari air kelapa adalah kemampuannya untuk membantu mengatur suhu dari tubuh secara alami. Tidak hanya itu, dengan meminum air kelapa, Anda bisa menjaga keseimbangan elektrolit yang ada di dalam tubuh. Air kelapa ini juga berfungsi untuk membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

Kelima, susu

Minuman lain yang bisa dimanfaatkan dalam makanan sehat mencegah panas dan demam adalah susu. Di sini, Anda bisa mencampurkan susu yang sudah dingin dengan madu. Kombinasi keduanya bisa bertindak sebagai penurun panas atau suhu tubuh Anda.

Keenam, air tebu

Bukan hanya air kelapa dan susu, air tebu pun memiliki kandungan yang baik serta bisa dimanfaatkan untuk menurunkan suhu tubuh yang sudah terlanjur naik. Anda bisa mengonsumsi air tebu yang alami yang langsung diperas dengan alat manual. Lagi pula, sekarang air tebu cukup mudah ditemukan di Indonesia, bukan?

Selain makanan di atas, Anda juga bisa memilih makanan sehat mencegah panas dan demam lainnya. Di antara makanan tersebut adalah;

  1. Pisang
  2. Jus jeruk
  3. Mentimun
  4. Barley
  5. Daun mint
  6. Teh herbal
  7. Jus aprikot

Selamat memilih salah satu minuman dan makanan sehat penurun panas dan demam di atas, semoga bermanfaat untuk kesehatan Anda.


Tags: , , , , , , ,