Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




6 Gejala Ambeien yang Paling Mudah Dikenali dan Harus Diwaspadai

Gejala ambeien pada dasarnya sangat mudah dikenali sejak awal kehadirannya. Pasalnya, hal-hal abnormal yang terjadi di anus atau saat buang air besar sebagian besar menjadi penanda ambeien. Bahkan bentuk tinja bisa mengisyaratkan penyakit wasir atau ambeien. Seperti diketahui, penyakit ini merupakan sejenis penyakit yang terjadi di daerah anus, yang diakibatkan oleh benjolan atau iritasi yang terjadi pada kulit atau pembuluh darah yang ada di anus. Infeksi inilah yang kemudian mengakibatkan benjolan pada daerah sekitar anus muncul keluar dan berdarah saat dipakai untuk buang air besar karena adanya gesekan dengan feses atau tinja yang keras. Untuk lebih jelas tentang gejala dari ambeien, kami sediakan ulasan berikut ini untuk Anda;

Gejala Ambeien

Ini dia 6 gejala ambeien yang paling mudah dikenali dan harus diwaspadai

Pertama, rasa gatal dan iritasi pada daerah anus

Salah satu gejala yang sangat mungkin di awal penyakit wasir adalah timbulnya rasa gatal pada anus. Rasa gatal yang juga diiringi dengan iritasi dan rasa perih ini sangat mudah Anda rasakan. Karena normalnya, anus tidak menunjukkan gejala tersebut asalkan dibersihkan hingga suci setelah buang air besar. Untuk Anda ketahui, sela-sela anus merupakan sarang berkembangnya kuman, untuk itu Anda perlu mewaspadai kebersihan daerah vital tersebut.

Kedua, nyeri dan rasa tidak nyaman saat duduk

Anda juga mungkin akan merasakan rasa nyeri di sekitar anus Anda dan mengalami rasa tidak nyaman saat mengendarai mobil, mengendarai motor, duduk dalam jangka waktu yang cukup lama, dan lain-lain. Rasa tidak nyaman ini bisa diakibatkan oleh rasa nyeri dari bagian anus saat dipakai duduk atau karena adanya benjolan yang keluar di bagian anus.

Ketiga, benjolan

Bisa dikatakan bahwa gejala ambeien satu ini sangat mudah dikenali. Ya, Anda bisa melakukan tes sendiri untuk mengetahui apakah ada benjolan atau tidak di sekitar anus Anda. Benjolan ini sangat sensitif dan akan terasa sakit jika terjadi gesekan dengan pakaian atau barang lain di sekitarnya. Benjolan ini dapat bertambah ukurannya dan akan semakin sakit jika ukurannya semakin besar.

Keempat, pembengkakan

Penderita ambeien juga mungkin mengalami pembengkakan di sekitar anus dan akan menambah rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Pembengkakan ini akan terasa sakit dan menyiksa jika dibiarkan begitu saja.

Kelima, BAB darah

Nah, ini adalah salah satu gejala penyakit yang sangat mungkin terjadi. Karena luka yang ada di sekitar anus bisa membuat darah mudah mengucur deras. Ini tandanya, darah segarlah yang keluar saat Anda buang air besar. Bentuknya bisa Anda ketahui dengan cara menggunakan tisu atau seringkali menetes langsung saat Anda buang air besar. Tentu saja, yang dimaksud di sini bukan darah yang bercampur dengan tinja. Karena biasanya tinja yang bercampur darah menunjukkan infeksi pada saluran pencernaan.

Keenam, kebocoran tinja

Dalam kasus yang parah, kemungkinan Anda bisa mengeluarkan tinja bahkan tanpa Anda sadari.

Gejala ambeien di atas dapat memberikan gambaran jelas tentang penyakit yang bisa disembuhkan dengan jalan operasi ini. Sebagai informasi tambahan, wasir atau ambeien dapat dibagi dalam dua macam, yakni eksternal dan internal. Wasir eksternal menandakan bahwa benjolan yang ada di anus terlihat dari luar dan akan masuk ke dalam anus dengan sendirinya atau dengan bantuan (jika bentuknya sudah besar). Sedangkan wasir internal adalah saat benjolan tersebut berada di sekitar rektum atau anus bagian atas.


Tags: , , , , , ,