Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




5 Penyebab Batu Ginjal yang Patut Diwaspadai

Penyebab batu ginjal sering kali tidak bisa dipastikan. Pasalnya, penyebab penyakit ini cukup bervariasi dan biasanya tidak hanya terjadi karena satu jenis penyebab saja, tetapi kombinasi satu dua atau lebih penyebab. Namun kebanyakan, batu ginjal disebabkan oleh penumpukan oksalat dan kalsium dalam ginjal yang sedikit demi sedikit menumpuk sehingga membentuk menjadi batu. Batu yang sudah besar ini bisa jadi terbawa urin menuju ke ureter, dan akan menyebabkan rasa sakit yang sangat dahsyat jika ukuran batu tersebut sangat besar dan tidak bisa tertampung di dalam ureter. Karena penyebab yang sangat banyak, berikut ini adalah jenis batu ginjal berdasarkan penyebabnya;

Penyebab Batu Ginjal

5 Penyebab Batu Ginjal

Inilah 5 penyebab batu ginjal yang harus Anda tahu dan waspadai

Pertama, batu ginjal karena kalsium

Sebagian besar batu ginjal disebabkan oleh penumpukan kalsium oksalat. Oksalat sendiri sebenarnya merupakan zat alami yang ada di dalam makanan. Beberapa buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, bahkan cokelat mengandung kalsium oksalat. Selain itu, makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi juga mungkin sekali memiliki kandungan kalsium oksalat dalam jumlah besar. Tidak hanya makanan, Anda yang memiliki gangguan metabolisme juga masih mungkin mengalami penumpukan kalsium oksalat. Kalsium lain yang bisa menyebabkan batu ginjal adalah kalsium fosfat.

Kedua, batu ginjal struvit

Batu ginjal ini terbentuk akibat adanya infeksi di saluran kemih. Batu ini dapat tumbuh menjadi besar seiring berjalannya waktu. Kehadirannya kadang disertai gejala batu ginjal berupa rasa sakit yang sangat parah.

Ketiga, batu ginjal asam urat

Penyebab batu ginjal lainnya adalah asam urat. Orang yang menderita batu ginjal jenis ini adalah mereka yang memiliki faktor genetik asam urat, pernah melakukan diet tinggi protein, atau mereka yang sedang menderita asam urat. Ketiga orang ini memiliki faktor risiko yang lebih besar ketimbang mereka yang normal.

Keempat, batu ginjal sistin

Batu ginjal yang satu ini dipengaruhi oleh faktor genetik. Biasanya, orang yang menderita penyakit ini adalah mereka yang memiliki keturunan di mana ginjal dapat mengeluarkan asam amino dalam jumlah yang sangat banyak.

Kelima, batu ginjal jenis lain

Karena banyaknya penyebab batu ginjal, terkadang penyebab penyakit ini tidak dapat dideteksi. Biasanya ini terjadi pada orang-orang yang merasa sudah menjaga asupan makanannya dengan baik dan tentunya tidak memiliki tanda-tanda yang sudah disebutkan dalam poin pertama hingga keempat. Penyakit batu ginjal yang terakhir ini memang masih langka dan belum banyak ditemukan. Akan tetapi masih sangat mungkin dialami oleh orang Indonesia.

Itulah 5 penyebab batu ginjal yang harus Anda tahu dan waspadai agar bisa mencegah terjadinya penyakit ini. Bagaimana pun, mencegah tentu akan lebih baik dari pada Anda harus mengobati penyakit yang satu ini. Kesehatan bisa saja murah jika Anda mau menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat.

Salam sehat Salam Fit – sehatfit.com


Tags: , , , , ,