Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




5 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

5 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare – Makanan bisa menjadi salah satu penyebab penyakit diare selain penyebab lain seperti virus, bakteri, dan parasit lainnya. Selain mengonsumsi makanan sehat seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya, tidak mengonsumsi makanan yang dapat memperburuk keadaan juga menjadi salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan ini. Makanan apa saja yang bisa memperburuk keadaan? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Ini dia 5 menu makanan yang harus dihindari saat diare menyerang

5 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

Makanan berlemak

Makanan pertama yang harus dihindari saat mengalami diare adalah makanan berlemak. Hindari makanan yang digoreng, saus, dan krim. Makanan ini dapat mengakibatkan kontraksi di daerah usus dan memperburuk kondisi sistem pencernaan yang memang sedang sensitif.

Makanan dengan pemanis buatan

Pemanis buatan juga mudah membuat perut menjadi bergas dan kembung. Anda harus menghindari beberapa jenis makanan yang mengandung pemanis buatan.

Makanan yang dapat menyebabkan gas

Menu makanan yang harus dihindari selanjutnya adalah makanan yang dapat menyebabkan gas dan kembung. Termasuk sayuran jika memang Anda adalah seorang vegetarian. Beberapa makanan ini harus Anda hindari;

Kubis, brokoli, kembang kol, bawang, hingga kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kenari, dan yang lainnya.

Minuman yang harus dihindari

Selain 3 jenis makanan di atas, Anda juga harus menghindari minuman tertentu. Seperti minuman beralkohol, minuman berkafein, hingga minuman berkarbonisasi. Minuman ini tidak cukup baik untuk sistem pencernaan yang sedang sehat dan normal. Apalagi Anda yang sedang diare, tentu akan memperburuk sistem pencernaan Anda.

Minuman dan makanan dari produk susu

Selain 4 jenis makanan di atas, Anda juga harus menghindari minuman atau makanan yang masuk dalam produk susu. Hindari dulu konsumsi butter, es krim, susu, hingga keju yang lembut sekalipun.

Selain 5 jenis menu makanan yang harus dihindari saat diare di atas, Anda juga harus melakukan hal-hal yang dapat membuat kondisi Anda semakin baik. Pertama, banyak istirahat untuk mengembalikan energi yang banyak terbuang karena harus buang air besar, terus minum air putih agar tidak dehidrasi, dan tentu saja mengonsumsi makanan sehat yang sudah dituliskan dalam artikel sebelumnya. Pilihan makanan tersebut adalah cara sehat yang bisa membantu Anda untuk segera pulih dan sembuh dari diare.

 sehatfit.com


Tags: , , , , , , , ,