Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




5 Makanan Sehat untuk Jantung Terbaik untuk Dikonsumsi

5 Makanan sehat untuk jantung terbaik untuk dikonsumsi – Mengonsumsi makanan sehat dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit jantung, baik pada pria maupun wanita. Cara ini tergolong lebih alami dan jauh lebih sehat. Sebab selain dapat mencegah, Anda juga bisa melakukannya agar terhindar dari peningkatan masalah jantung. Khususnya bagi penderita penyakit jantung, pemilihan makanan terbaik untuk jantung akan mengurangi gejala yang mungkin dapat timbul. Apa saja makanannya? Kami akan ulas dalam artikel ini.

Ini dia 5 makanan sehat untuk jantung terbaik untuk dikonsumsi sehari-hari

Makanan Sehat untuk Jantung Terbaik untuk Dikonsumsi

Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Selain kandungan ini, salmon juga mengandung antioksidan dan selenium di mana dalam sebuah penelitian telah terbukti dapat melindungi jantung dari masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular. Baiknya, mengonsumsi salmon dengan cara dipanggang. Hindari penggorengan yang akan mencampurkan salmon dengan lemak jenuh atau lemak trans. Selain ikan salmon, ikan laut seperti sarden dan yang lain juga baik untuk dikonsumsi.

Oatmeal

Gandum menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari diet sehat jantung. Makanan sehat ini sudah banyak terbukti baik untuk kesehatan jantung. Hingga tersedia oatmeal instan di toko-toko khusus untuk menjaga kesehatan jantung. Oatmeal mengandung asam lemak omega 3, sama halnya dengan salmon. Kandungan lain yang ada dalam oatmeal adalah kalium dan folat. Makanan super sehat untuk jantung ini juga mengandung serat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Selanjutnya, oatmeal juga bisa memperbaiki plak pada arteri yang disebabkan oleh penumpukan LDL.

Kacang almond

Makanan sehat untuk jantung terbaik selanjutnya adalah kacang almond. Kacang ini juga sangat kaya akan asam lemak omega 3. Rasanya yang lezat dan dapat dipadukan dengan makanan apa saja membuat banyak orang yang memilih almond sebagai pendamping makanan sehat untuk jantung. Anda bisa mengonsumsi dengan cara mengiris dan langsung memakannya mentah. Selain almond, Anda juga bisa memilih kacang kenari untuk kesehatan jantung Anda.

Buah alpukat

Buah alpukat dipercaya dapat mengurangi gejala penyakit jantung karena mengandung lemak yang sehat. Kandungan yang terbungkus dalam buah alpukat adalah lemat tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Gunanya adalah untuk menjaga arteri dari plak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Di samping menurunkan kadar LDL, di saat yang sama alpukat juga bisa menaikkan kadar HDL. Selain buah alpukat, Anda bisa menikmati buah bluberi.

Minyak zaitun

Pemakaian minyak zaitun adalah lebih baik dari pada minyak lainnya untuk penderita jantung. Hal ini karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar LDL dan sekaligus mengurangi faktor risiko terkena penyakit jantung.

Nah, selain 5 makanan sehat untuk jantung di atas. Anda bisa melakoni diet sehat jantung dengan memilih teh hijau, susu kedelai, atau kismis.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , , , , , , ,