Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




5 Makanan Peningkat Hemoglobin dalam Darah

5 Makanan Peningkat Hemoglobin dalam Darah – Untuk meningkatkan hemoglobin, Anda bisa melakukan banyak cara, salah satunya adalah mengonsumsi makanan pilihan peningkat hemoglobin. Makanan-makanan pilihan tersebut akan kami ulas dalam artikel ini secara lebih detail. Jadi, Anda bisa memilihnya saat hasil tes darah Anda mengecewakan karena hemoglobin Anda berada di bawah angka normal. Makanan pilihan bisa membantu usaha Anda untuk mengembalikan kondisi kesehatan menjadi lebih baik. Di samping itu juga bisa menghindarkan Anda dari transfusi darah karena bisa membantu meningkatkan kembali jumlah hemoglobin.

Ini lho makanan peningkat hemoglobin dalam darah yang harus Anda tahu

Makanan Peningkat Hemoglobin dalam Darah

Sayuran

Banyak sekali sayuran yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan hemoglobin. Beberapa di antara makanan tersebut adalah;

  1. Lobak
  2. Kubis
  3. Kembang kol
  4. Kentang
  5. Kacang polong
  6. Beetroot
  7. Bayam

7 sayuran di atas bisa membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dan membantu regenerasi zat besi serta mengaktifkan eritrosit atau sel darah merah. Dia juga bisa membantu memasok oksigen ke dalam darah.

Kacang

Banyak sekali jenis kacang yang ada di Indonesia dan mudah sekali ditemukan. Nah, banyak sekali jenis kacang yang bisa dikonsumsi untuk membantu meningkatkan hemoglobin. Kandungan yang paling tinggi dari zat besi adalah kacang almon. Anda bisa menempatkan kacang ini ke dalam peringkat pertama sebagai kacang pilihan untuk dikonsumsi. Jika diukur, sekitar 1 ons almon bisa memberikan sekitar 6 % dari kebutuhan zat besi untuk tubuh.

Roti dan jenis sereal

Makanan peningkat hemoglobin dalam darah selanjutnya adalah roti. Roti yang dimaksudkan di sini adalah roti gandum. Namun, Anda perlu memperhatikan kemasan roti. Yang diperhatikan adalah kandungan yang ada dalam kemasan tersebut. Saat melihat kemasan tersebut, pastikan bahwa nilai zat besi dari roti yang Anda pilih minimal 20 % dari total nilai asupan gizi yang tertulis dalam label. Selain roti, pasta dan sereal juga sangat penting. Sama seperti perlakuan untuk roti, saat membeli pasta dan sereal, Anda juga harus memperhatikan kandungan zat besi di dalam kemasan makanan yang Anda pilih. Atau Anda bisa memilih gandum karena kandungan zat besinya memang banyak.

Simak juga makanan sehat diet dash untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah-buahan

Kemudian, Anda juga bisa memilih beberapa jenis buah yang mengandung zat besi, membantu menambah darah dan meningkatkan hemoglobin. Beberapa buah yang bisa Anda pilih adalah;

  1. Aprikot
  2. Apel
  3. Buah ara kering
  4. Plum
  5. Kismis
  6. Semangka
  7. Anggur

Selain 7 buah di atas, buah jeruk juga dipercaya bisa mengikat zat besi.

Daging merah

Bukan rahasia lagi jika daging merah memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan jumlah darah dan menambah kadar hemoglobin Anda. Kadar zat besi heme dalam daging merah cukup banyak sehingga sangat direkomendasikan sebagai lauk makan seseorang penderita anemia. Namun jangan berlebihan dalam mengonsumsi daging merah, sebaiknya konsumsi seperlunya saja dan terapkan diet seimbang.

Akan sangat baik jika Anda mengonsultasikan makanan peningkat hemoglobin dalam darah di atas kepada dokter yang merawat supaya lebih aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda sekarang. Untuk mencegah gejala anemia, Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat di atas.

 


Tags: , , , , , , , , ,