Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




5 Jenis Susu Pengganti Susu Sapi Cocok Buat Diet Vegan

5 Jenis Susu Pengganti Susu Sapi Cocok Buat Diet Vegan – Salah satu gaya hidup yang saat ini tengah banyak diterapkan di Indonesia adalah gaya hidup untuk menjadi seorang vegetarian. Memilih menjadi seorang vegan membuat seseorang harus pintar dalam memilih makanan. Salah satu tantangan bagi seorang vegan adalah mengganti susu yang sebenarnya berasal dari susu sapi. Dan sebagai gantinya, Anda bisa memilih susu-susu nabati di bawah ini.

Berikut 5 jenis susu pengganti susu sapi yang cocok buat diet vegan

Jenis Susu Pengganti Susu Sapi Cocok Buat Diet Vegan

Susu beras

Susu ini biasanya dibuat dari tepung beras atau sari dari beras. Kandungan karbohidrat dari susu beras sangat tinggi sementara proteinnya rendah. Susu beras ini biasanya cukup berair sehingga sangat jarang dan tidak dianjurkan dalam pembuatan roti atau kue.

Susu kedelai

Kalau susu yang kedua ini jelas sangat bermanfaat untuk tubuh dan sudah cukup dikenal di masyarakat Indonesia. Sama dengan susu beras yang merupakan sari dari beras, susu kedelai juga berasal dari sari kedelai. Susu kedelai yang alami bebas dari lemak. Kandungannya sangat baik dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan tingkat kolesterol baik atau yang kita kenal dengan HDL. Beberapa kandungan yang sangat baik untuk tubuh dari susu kedelai adalah kalsium, riboflavin, fitoestrogen, vitamin A, dan vitamin D.

Susu almond

Jenis susu pengganti susu sapi yang baik untuk diet vegan selanjutnya adalah susu almond. Diambil dari sari kacang almond, susu ini pun memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh. Susu almond mengandung protein meski tidak sebanyak susu kedelai. Yang baik, susu almond sangat baik untuk kecantikan, kandungan vitamin E nya sangat banyak, sekaligus memiliki sifat antioksidan yang baik sehingga bisa membantu mencegah penuaan dini. Kelebihan lain dari susu almond adalah bahwa susu ini bebas dari kolesterol serta lemak jenuh sehingga sangat aman dikonsumsi. Kandungan lain yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh adalah asam lemak omega 3 dan sodium. Di mana dua kandungan ini bisa membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung sekaligus bisa dipakai untuk mengontrol tekanan darah manusia.

Coconut milk

Kita mengenalnya sebagai santan. Makanan ini sangat banyak dipakai sebagai olahan masakan di Indonesia. Kandungannya sangat banyak, yakni kalori, lemak, kalsium, hingga protein. Santan ini memiliki kandungan lemak jenuh. Baik untuk mereka yang memiliki alergi makanan dan alergi laktosa namun tidak disarankan jika Anda memiliki masalah kesehatan dengan asam lambung atau pencernaan.

Susu rami

Jika Anda alergi dengan kedelai atau susu kedelai, maka susu rami bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda.

Dari 5 jenis susu pengganti susu sapi yang sangat bermanfaat bagi diet vegan di atas, manakah yang paling mudah Anda dapatkan? Dan mana pula yang cocok dengan kesehatan Anda.

Salam sehat – www.sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , ,