Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Dispepsia

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Dispepsia – Setelah membahas tentang makanan sehat untuk penderita dispepsia, yang merupakan makanan yang aman untuk dikonsumsi. Sekarang saatnya Anda mengerti makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita dispepsia karena dapat memperburuk kondisi sistem pencernaan. Beberapa jenis makanan berikut ini harus dihindari. Apa saja? Simak.

Ini dia 5 jenis makanan yang harus dihindari penderita dispepsia yang harus diperhatikan

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Dispepsia

Makanan berlemak

Makanan pertama yang harus dihindari adalah makanan berlemak seperti steak, hot dog, dan yang lainnya. Makanan ini termasuk makanan berat dan dapat mengakibatkan lambung memproduksi banyak sekali asam yang pada kelanjutannya dapat membuat gejala penyakit dispepsia semakin memburuk.

Makanan pedas dan produk dari tomat

Makanan selanjutnya yang harus dihindari adalah makanan pedas seperti sambal, merica, atau olahan yang menggunakan 2 bahan tersebut. Makanan pedas dapat membuat perut semakin tidak nyaman. Selain cabe, merica, atau makanan yang pedas lain, Anda juga perlu menghindari makanan yang dibuat dari tomat maupun tomat itu sendiri. Hindari saos, jus tomat, dan yang lainnya.

Buah-buahan yang asam

Hindari mengonsumsi buah yang asam seperti lemon, jeruk, nanas, dan yang lainnya. Buah yang asam dapat menyebabkan peningkatan asam refluks di dalam perut Anda. Maka dari itu, sebaiknya dihindari.

Alkohol

Minuman yang harus dihindari saat mengalami dispepsia adalah alkohol. Hal ini karena alkohol mengandung kadar asam yang tinggi yang dapat membuat perut terasa terbakar.

Minuman berkarbonisasi dan kopi

Selain alkohol, minuman lain yang harus dihindari adalah minuman berkarbonisasi dan kopi. Artinya, Anda juga harus menghindari minuman yang berkafein seperti teh dan minuman kemasan lain yang mengandung kafein. Kopi dapat menyebabkan meningkatnya asam di perut yang dalam kelanjutannya dapat meningkatkan refluks asam di perut dan memperburuk keadaan.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita dispepsia. Makanan ini kurang aman untuk dikonsumsi oleh penderita. Lebih baik tanyakan kepada dokter yang merawat untuk mengetahui lebih lanjut tentang makanan yang diperbolehkan.

Salam – sehatfit.com


Tags: , , , , , , ,