Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




3 Penyebab Jerawat yang Paling Sering Terjadi

3 Penyebab Jerawat yang Paling Sering TerjadiJerawat di mana pun tempatnya selalu membuat orang yang dihinggapinya jengkel. Apalagi jika munculnya sudah di bagian wajah atau di bagian tertentu yang menjadi pusat perhatian orang. Jerawat selain akan membuat rasa tidak percaya diri, juga bisa mengundang rasa sakit dan cukup nyeri. Menyusul pembengkakan di sekitar kulit yang berwarna merah hingga berbentuk seperti gunung kecil dan warna putih di ujungnya. Apa sebenarnya jerawat dan bagaimana ia bisa tumbuh? Selengkapnya akan kami ulas dalam artikel ini.

Ini dia penyebab jerawat yang paling sering terjadi

Penyebab Jerawat yang Paling Sering Terjadi

Jerawat bisa terjadi pada perempuan dan lelaki. Salah satu penyebab tumbuhnya jerawat paling sering yang dialami perempuan adalah karena pemakaian make up dan perawatan wajah yang salah. Selain penyebab tersebut, berikut adalah 3 penyebab lainnya yang juga sering terjadi tapi diabaikan.

Pertama, stres

Tahukah Anda jika stres dapat memicu timbulnya jerawat? Ini sudah menjadi rahasia umum jika stres dapat memicu kelenjar sebasea yang ada di kulit. Pada kelanjutannya kelenjar ini akan memicu pertumbuhan jerawat yang lebih banyak pada kulit manusia. Ironisnya, jika stres terus dibiarkan, maka akan berdampak pada imunitas tubuh. Akibatnya, jerawat menjadi sulit sekali disembuhkan. Jadi, sebisa mungkin hindari stres atau minimal kontrol stres dengan meditasi, berpikir positif, dan yang lainnya.

Kedua, makanan

Pernahkah Anda mendengar kalimat ini? Hati-hati makan kacang, nanti bisa jerawatan. Kepercayaan makan kacang akan membuat seseorang berjerawat mungkin masih dipercayai oleh sebagian orang. Namun, perlu Anda ketahui bahwa respons tubuh manusia memang berbeda pada jenis makanan tertentu. Konsumsi makanan sehat secara wajar dan tidak berlebihan akan membuat tubuh jauh lebih sehat, bukannya menunjukkan gejala yang tidak diinginkan. Dalam hal ini, ada kemungkinan bahwa kondisi tidak cocok dengan makanan tertentu akan memicu timbulnya jerawat. Bisa jadi, ini merupakan penyebab jerawat yang paling mudah diatasi, yakni dengan berkonsultasi dengan dokter, menemukan respons tubuh terhadap satu jenis makanan lalu menghindarinya. Sebuah solusi yang sangat mudah.

Baca Juga: Gejala Hipertensi dan Pencegahannya

Ketiga, istirahat yang kurang

Bukan hanya kesehatan yang akan terganggu ketika Anda kurang istirahat. Kulit juga akan memberikan respons tidak baik jika diteruskan. Kulit kering, kusam, lingkar mata, bahkan jerawat bisa menjadi salah satu masalah yang akan timbul. Dapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat. Sebab faktanya, dalam jam-jam tertentu ada waktu yang baik bagi tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang lebih hidup dan segar. Tidurlah antara jam 10 malam hingga jam 5 pagi untuk mendapatkan manfaatnya.

Demikian 3 penyebab jerawat yang paling sering terjadi. Semoga bermanfaat.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , , , ,