Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




3 Penyebab Diare pada Bayi, Anak, dan Dewasa, Waspada!

Penyebab diare memang hampir sama pada bayi, anak, dan dewasa. Namun demikian, perbedaan penderita membuat gejala dan penyebabnya kadang tidak mudah dideteksi. Pada bayi misalnya, mereka belum pandai dalam mengomunikasikan apa yang mereka rasakan dan lakukan kecuali dengan tangisan dan rewel. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda harus pintar dalam menjaga dan mengenali penyebab penyakit diare ini. Selengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab diare pada bayi anak, dan dewasa yang harus diwaspadai

3 Penyebab Diare pada Bayi

Penyebab penyakit diare pada bayi

Jabang bayi sangat mungkin mengalami masalah pencernaan, salah satunya adalah masalah diare. Dalam hal ini, bayi akan rewel dan meresahkan Anda. Selain karena dia akan pup terus-terusan, hal ini juga bisa membuatnya dehidrasi sehingga akan mengganggu kesehatan secara menyeluruh. Apakah penyebab penyakit ini pada bayi?

  1. Adaptasi terhadap makanan tertentu
  2. Tidak cocok dengan makanan tertentu
  3. Alergi terhadap makanan tertentu
  4. Pemilihan makanan yang kurang tepat (terlalu manis dan asam)
  5. Infeksi virus dan bakteri (misal, rotavirus)
  6. Konsumsi antibiotik
  7. Terlalu banyak mengonsumsi susu formula
  8. Kebersihan yang tidak terjaga, dan yang lainnya.

Penyebab penyakit diare pada anak

Penyebab diare pada anak sangat bervariasi. Mulai dari faktor internal tubuh (bagian dalam tubuh) hingga faktor lingkungan dan kesalahan kecil yang dapat memicu terjadinya diare. Namun, sebagian besar diakibatkan oleh faktor luar, bisa lingkungan atau yang lain karena rasa ingin tahu anak yang sangat besar dan kebersihan yang kadang belum menjadi perhatian mereka. Beberapa di antaranya penyebabnya adalah;

  1. Infeksi virus (misal Rotavirus)
  2. Infeksi bakteri (misal salmonella)
  3. Infeksi parasit (misal giardia)
  4. Kurangnya perhatian orang tua terhadap anak
  5. Kurang bersihnya lingkungan
  6. Pemilihan makanan tertentu yang salah, dll

Baca Juga: Penyebab Penyakit Jantung

Dari 6 penyebab di atas, kiranya penyakit ini dapat ditekan jumlah penderitanya atau minimal dicegah dan dihindari jika para orang tua lebih mengerti cara pencegahan dan penanggulangan diare.

Penyebab penyakit diare pada orang dewasa

Penyebab penyakit diare pada orang dewasa tidak jauh beda dengan penyebab pada anak dan bayi. Dari beberapa penyebab justru malah sama dan memang secara garis besar adalah sama. Di antara penyebab tersebut adalah;

  1. Infeksi dari bakteri
  2. Infeksi dari virus
  3. Infeksi dari parasit
  4. Disebabkan oleh infeksi penyakit lain
  5. Tidak bersih
  6. Makanan yang mengandung pemanis buatan, dll

Dari informasi tentang penyebab diare yang diuraikan dalam artikel ini, sudah dapat dipastikan bahwa diare harus ditangani dengan sangat intens sejak dini. Agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius hingga mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi dan meninggal.

Sehatfit.com


Tags: , , , , , , , ,