Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




3 Jenis Minuman Sehat Buat Penderita Diabetes

3 Jenis Minuman Sehat Buat Penderita Diabetes – Bagi penderita diabetes, tidak hanya makanan yang sulit untuk dipilih. Minuman pun sulit ditemukan, mana yang terbaik buat mereka. Sebab salah dalam memilih minuman, bisa berakibat pada naiknya kadar gula darah yang seharusnya dijaga pada tingkat stabil. Rasanya, penderita diabetes memang perlu selektif untuk mendapatkan minuman terbaik bagi mereka. Selain dengan mengikuti saran dokter atau ahli gizi yang merawat, Anda juga perlu mengetahui secara umum, minuman apa saja yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dan menurut para ahli, kami akan mengulas di sini beberapa di antara minuman sehat tersebut.

3 jenis minuman sehat buat penderita diabetes menurut para ahli

Jenis Minuman Sehat Buat Penderita Diabetes

Pertama, air putih

Yang paling utama tentu saja air putih. Ini menjadi menu minuman sehat pertama yang harus dikonsumsi oleh seorang penderita diabetes. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan dan sudah terbit dalam jurnal Diabetes Care. Di mana dengan mengonsumsi air putih hanya kurang dari atau sama dengan setengah liter, seseorang mengalami kenaikan risiko peningkatan gula darah hingga 30 %. Sebaliknya, ketika dikonsumsi sekitar 2 hingga 3 liter dalam sehari, maka akan sangat baik bagi tubuh penderita. Sebab ketika tubuh mengalami dehidrasi, hormon vasopressin yang fungsinya mengatur hidrasi akan meningkat. Ketika ini terjadi maka hati bisa saja terpicu untuk memproduksi banyak gula darah. Air putih selain bisa dikonsumsi dari air biasa, juga bisa didapatkan dari buah-buahan. Namun, tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Anda perlu melakukan seleksi lagi. Sehingga amannya, jenis minuman sehat buat penderita diabetes pertama adalah tetap air putih asli.

Kedua, teh

Teh menjadi menu minuman sehat kedua yang bisa dikonsumsi oleh seorang penderita diabetes. Hal ini karena teh tidak mengandung kalori. Di samping memang rasanya enak serta baiknya, mengandung antioksidan dalam jumlah yang banyak. Khususnya adalah teh hijau serta the hitam. Keduanya sangat baik untuk kesehatan, juga baik untuk seseorang yang menderita penyakit diabetes.

Dalam penelitian yang dilakukan di China ditemukan kalau teh, dalam hal ini teh hitam memiliki kandungan yang bisa memperlambat laju atau daya serap gula yang terjadi dalam aliran darah. Kandungan tersebut tidak lain adalah polisakarida. Dikatakan pula, jika seseorang mengonsumsi teh sekitar 4 cangkir dalam 1 hari, maka risiko terkena penyakit diabetes bisa turun hingga sebanyak 16 %. Ungkapan kedua ini ditemukan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman baru-baru ini.

Namun demikian, Anda harus menghindari pemakaian teh dalam kemasan yang sudah bercampur dengan gula. Atau saat menyeduh teh, Anda tetap menyertakan pemanis. Gunakan teh aslinya, dan konsumsilah. Karena selain akan terhindar dari diabetes, Anda juga bisa terhindar dari masalah stroke. Jangan lupa untuk memilih teh yang bebas dari kafein. Selain menghindari penambahan gula, Anda juga harus menghindari pemakaian krim dan susu yang mengandung banyak lemak. Jelas, dengan begitu teh bisa menjadi salah satu jenis minuman sehat buat penderita diabetes selanjutnya selain air putih.

Ketiga, susu rendah lemak dan tanpa lemak

Ingat, bukan sembarang susu yang bisa Anda konsumsi, melainkan adalah susu rendah lemak. Susu jenis ini juga sangat baik untuk membantu proses menurunkan berat badan. Beberapa kandungan dari salah satu jenis minuman sehat buat penderita diabetes yang penting ini adalah;

  1. Magnesium
  2. Potasium
  3. Kalsium
  4. Vitamin D

Sementara itu, selain bisa membantu menurunkan berat badan, susu juga memiliki manfaat;

  1. Membantu menurunkan tekanan darah (sesuai dengan studi)
  2. Membantu menurunkan kadar gula di dalam darah

Anda bisa menyantap susu di pagi hari saat sarapan, dengan ditemani beberapa hidangan penutup dari;

  1. Puding yang dimasak tanpa gula
  2. Parfait buah
  3. Yogurt juga tanpa gula, dll

Kewaspadaan dalam memilih menu makanan dan jenis minuman sehat buat penderita diabetes merupakan hal bijak yang perlu dilakukan supaya kadar gula dalam darah berada di angka normal tidak naik dan tetap bisa dikontrol jumlahnya. Ini menjadi satu tindakan penting untuk menghindari suntik insulin lagi atau bahkan masuk rumah sakit lagi. Tetap sehat dan bugar dengan menjaga kesehatan.

Sehatfit.com

 


Tags: , , , , ,