Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Inilah 10 Penyebab Sakit Gigi yang Wajib Diketahui

Sakit gigi merupakan salah satu masalah yang umum dialami karena penyebab sakit gigi sangat bervariasi dan banyak diderita oleh orang yang sudah berumur. Rasa sakit yang menyiksa saat sakit di gigi melanda memang tidak tertahankan. Bahkan saking sakitnya rasa sakit di gigi, bisa dipastikan rasanya lebih sakit dari pada sakit hati. Maka dari itu, saat rasa sakit ini datang, Anda harus mendapatkan perawatan khusus atau segera mengobatinya agar aktivitas Anda tidak terganggu dengan hal kecil semacam ini. Namun yang tak kalah penting adalah menjaga diri Anda agar tidak terkena penyakit satu ini. Dan untuk menghindarinya, Anda perlu mengetahui penyebabnya;

Penyebab Sakit Gigi

Penyebab Sakit Gigi

Inilah 10 penyebab sakit gigi yang harus Anda ketahui

Berikut ini kami sajikan daftar 10 penyebab sakit gigi yang wajib dan harus anda ketahui dari sehatfit.com. Seteleh mengetahuinya maka anda bisa dengan mudah melakukan pencegahan sebelum gejala sakit gigi muncul pada gigi anda.

Pertama, kerusakan gigi

Salah satu penyebab umum yang terjadi adalah adanya kerusakan gigi. Seperti diketahui, rusaknya lapisan luar gigi bisa menyebabkan rusaknya bagian dalam gigi. Jika bagian dalam dari gigi sudah membusuk maka rasa sakit pada gigi sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Hal ini karena saat terjadi pembusukan, kemungkinan besar untuk timbul abses pada bagian dalam gigi sangat mungkin terjadi. Tidak hanya abses pada bagian dalam gigi, abses yang terjadi pada bagian gusi juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan membuat rasa sakit pada gigi.

Kedua, penyakit gusi

Penyakit gusi dapat membuat gusi menjadi merah, bengkak, dan tidak nyaman. Jika penyakit gusi tidak segera ditangani dengan cepat, maka kemungkinan untuk menyebar ke arah gigi sangatlah besar. Dan tentu saja, jika rasa sakitnya sudah menyebar, rasa sakit pada gigi tak dapat dihindarkan lagi.

Ketiga, kecelakaan

Kecelakaan merupakan satu dari sekian banyak hal yang bisa merusak gigi. Ya, kecelakaan, guncangan, pukulan yang bisa mematahkan gigi membuat gigi terasa sakit dalam beberapa hari. Hal ini terjadi karena celah akibat luka dapat menarik akumulasi bakteri yang kemudian menyebabkan peradangan semakin parah dan terasa sangat sakit.

Keempat, retak pada gigi

Terkadang penyebab sakit gigi tidak mudah ditemukan. Untuk kasus ini, biasanya sudah ada keretakan pada gigi yang tersembunyi sehingga tidak mudah dikenali saat rasa sakitnya datang. Seolah rasa sakit ini datang secara tiba-tiba, padahal sudah sejak lama digerogoti oleh bakteri pda retakan tersebut. Untuk mengetahuinya lebih cepat, Anda bisa mengetahuinya dengan rasa sakit saat mengunyah pada daerah gigi yang retak.

Kelima, gigi grinding

Kalau rasa sakit ini tidak dirasakan hanya pada gigi saja, tetapi juga pada daerah yang lebih dalam, yakni otot gigi.

Keenam, menyikat gigi yang tidak benar

Selanjutnya, kesalahan dalam menyikat gigi juga bisa melukai gusi. Sedangkan gusi yang sudah luka bisa menjadi sarang berkembangnya bakteri dan akan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Bahkan biasanya, rasa sakit ini dimulai dari sensitivitas gusi dan gigi yang lebih sensitif saat mengonsumsi makanan panas, dingin, dan lain sebagainya.

Ketujuh, letak gigi yang tidak pas

Memiliki gigi gingsul atau letak gigi yang tidak teratur juga bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi jika tidak dirawat dengan baik. Penyebab sakit gigi satu ini bisa diwaspadai sejak dini. Salah satunya adalah dengan menghilangkan gigi bungsu.

Kedelapan, pemakaian kawat gigi

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kawat gigi untuk membuat gigi Anda lebih teratur, Anda harus memilih kawat gigi yang pas. Jangan lupa untuk datang ke perawatan dokter terbaik dan tidak salah pilih.

Kesembilan, gigi bengkok

Tidak semua orang memiliki gigi bengkok, tapi jika Anda memiliki gigi bengkok, maka hal yang harus Anda lakukan adalah merawat gigi secara teratur untuk menghindarkan Anda dari sakit gigi yang menyiksa.

Kesepuluh, sebab lain

Tidak selamanya sakit gigi disebabkan oleh hal-hal yang berhubungan gigi. Ada hal-hal di luar itu yang bisa menjadi penyebab sakit gigi, seperti infeksi sinus. Hal ini karena infeksi sinus dapat merembet ke daerah rahang dan menekan gigi hingga menyebabkannya menjadi sangat sakit. Tentu saja, tidak ada yang ingin merasakan sakitnya menderita rasa sakit pada gigi. Akan tetapi dengan perawatan yang tepat dan benar, Anda bisa mendapatkan gigi sehat dan bebas dari gigi sensitif apalagi sakit gigi.


Tags: , , , , , , , , ,