Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




10 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

Tanaman Obat – Mesikpun jumlah tanaman obat cukup banyak jenisnya, namun masih banyak orang yang tidak mengetahuinya dikarenakan kurangnya informasi dan beberapa penyebab lain. Dengan ketidaktahuan tersebut, maka otomatis masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan tanaman obat dengan maksimal untuk kesehatan mereka. Padahal, tanaman obat tersebut bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa resiko senyawa kimia. Selain itu, tanaman obat juga cenderung lebih murah dari obat kimiawi sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan. Bagi anda yang belum mengetahui beberapa Jenis Tanaman Obat, berikut ini kami telah merangkumnya untuk anda. Selamat menyimak.

10 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

10 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

Jenis Tanaman Obat

  • Lidah Buaya (Aloe Vera)

Selain berfungsi untuk kecantikan, lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Saat ini di Jepang tengah dikembangkan penelitian tentang lidah buaya untuk dijadikan sebagai obat kanker. Meskipun belum terbukti dan teruji nyata, namun penelitian ini sudah cukup memberi gambaran, dan memberi harapan baru bagi para penderita kanker.

  • Buah Makasar (Brucea Javanica)

Buah yang terkenal dengan rasa pahit ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyembuhkan penyakit diabtes melitus, karena mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, buah makasar juga terbukti ampuh dalam mengobati penyakit kanker serviks.

  • Daun Dewa (Gynura Divaricata)

Sesuai dengan namanya, daun jenis ini memiliki kemampuan dewa untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit seperti stroke dan darah tinggi. Daun dewa juga bermanfaat untuk menghilangkan luka memar.

  • Mengkudu (Morinda Citrifolia)

Buah yang memiliki aneka nama ini memiliki khasiat luar biasa pada kesehatan, khususnya jantung koroner. Buah ini bisa mencegah penyakit tersebut, sehingga jantung akan tetap dalam keadaan sehat. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengambil sari mengkudu lalu mencampurnya dengan madu, minum sekali dalam sehari.

  • Seledri (Apium Graviolens)

Selain digunakan untuk penyedap rasa, selederi juga bermanfaat untuk kesehatan. Seledri dipercaya dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit asam urat. Caranya adalah dengan merebus seledri pada air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut secara rutin.

  • Pasak Bumi (Eurycoma Longifolia Jack)

Pasak bumi adalah jenis tanaman asal Indonesia yang tumbuh di daerah Kalimantan. Tanaman ini dipercaya mampu mengatasi masalah ejakulasi dini pada pria, dan meperbaiki kadar testosteron.

  • Blustru (Luffa Aegyptica Mill)

Tanaman yang sudah hampir punah ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit asma. Caranya sangat mudah, yaitu anda hanya perlu menaruh blustru di atas nasi yang sedang dimasak, lalu menjadikannya sebagai lalapan.

  • Belimbing (Avverhoa Carambola)

Selain rasanya yang enak, buah belimbing mampu menurunkan kadar kolesterol. Bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

  • Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

Temulawak bermanfaat untuk berbagai macam kesehatan seperti anti-radang, anti-keracunan empedu, dan obat kanker hati.

  • Jarak (Ricinus Communis)

Menurut beberapa penelitian, jarak mampu mengobati beberapa penyakit seperti rematik, TBC, kanker rahim, dan hernia.

Itulah beberapa Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya. Dengan menyimak daftar di atas, tentu saja wawasan anda tentang jenis tanaman obat akan lebih luas, dan bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman tersebut untuk dijadikan obat ketika dibutuhkan. Tanaman obat lebih direkomendasikan dibanding jenis obat-obatan yang mengandung senyawa kimia. Anda akan mendapat dua keuntungan sekaligus, yaitu biaya yang terjangkau dan terhindarnya tubuh dari efek samping senyawa kimiawi dalam jangka panjang.

Selain untuk informasi pribadi, anda pun bisa membagi informasi di atas pada orang-orang terdekat, supaya wawasan mereka tentang tanaman obat turut bertambah seperti anda. Jika ada teman atau keluarga anda yang mengidap suatu penyakit tertentu, anda bisa merekomendasikan beberapa jenis tanaman di atas yang sesuai dengan fungsinya dalam mengobati penyakit tersebut. Terima kasih sudah menyimak ulasan kami tentang Jenis Tanaman Obat Beserta Manfaatnya, semoga bermanfaat.


Tags: , , , , , , , ,