Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




Inilah 10 Gejala Batu Ginjal yang Harus Anda Tahu!

Gejala batu ginjal memang perlu Anda waspadai, pasalnya penyakit satu ini tidak disertai dengan rasa sakit yang sangat. Hanya ketika batu sudah terbentuk lebih besar di ureter dan mendesak bagian ureter, maka rasa sakit di bagian punggung sudah tidak terelakkan lagi. Rasa sakit ini dapat bertahan dan seolah enggan hilang. Beberapa gejala malah mungkin tidak dapat Anda rasakan meskipun sudah memberikan tanda-tanda abnormal pada tubuh Anda. Gejala apa sajakah itu?

Gejala Batu Ginjal

Simak ulasan lengkap tentang gejala batu ginjal ini yuk!

Gejala Pertama, sakit yang sangat di daerah punggung

Tepatnya, lokasi belakang tulang rusuk Anda. Rasa sakit ini bisa langsung Anda rasakan dalam beberapa hari, namun ada juga yang terkadang sakit terkadang tidak. Bagi gejala yang kedua ini, biasanya dokter akan memukul-mukul daerah tersebut saat pemeriksaan untuk diagnosa klinisnya.

Kedua, nyeri pada perut bagian bawah

Nyeri perut bagian bawah identik dengan gangguan dengan pencernaan, bagi perempuan ini juga berhubungan dengan reproduksi (bagian rahim, oviduk, dan lain-lain). Namun, apa daya jika ternyata nyeri perut di bagian bawah tersebut merupakan akibat dari rasa sakit yang ada di punggung atau tulang rusuk Anda. Untuk penyakit batu ginjal, ini sangat mungkin terjadi.

Inilah 10 Gejala Batu Ginjal yang Harus Anda Tahu!

Gejala Batu Ginjal Ketiga, nyeri pada pangkal paha

Sama halnya dengan nyeri di perut bagian bawah, nyeri pada pangkal paha ini juga merupakan penyebaran dari rasa sakit pada lokasi lain.

Keempat, nyeri yang datang timbul dan sering

Dalam beberapa orang penderita, gejala batu ginjal yang ditunjukkan bisa berupa sakit yang terus menerus, sakit jarang, dan bertambah intensitasnya dengan semakin bertambahnya volume batu dalam ureter.

Kelima, nyeri saat buang air kecil

Selanjutnya, gejala mudah dikenali saat Anda buang air kecil dan merasa sakit. Normalnya, seseorang akan nyaman saat bisa membuang air kecil karena membuang kotoran.

Keenam, warna kencing cokelat, merah atau pink

Jika untuk melihat kondisi saluran pencernaan, Anda bisa melihatnya dari fecses, maka untuk melihat kesehatan ginjal Anda, Anda bisa melihat dari warna urine atau kencing Anda. Berhati-hatilah jika warnanya sudah cokelat, merah, atau pink karena ini merupakan tanda-tanda batu ginjal.

Ketujuh, kencing keruh dan berbau

Kenalilah penyakit batu ginjal dari bau kencing Anda. Saat sudah ada bau busuk yang menyengat, mungkin saat itu Anda harus membantu diri Anda dengan banyak minum air putih.

Kedelapan, mual dan muntah

Tidak selamanya mual dan muntah berhubungan dengan saluran pencernaan seperti lambung, usus, dan lain-lain. Ada kalanya ini merupakan sinyal dari penyakit di ginjal Anda.

Kesembilan, sering buang air kecil

Ini bisa dikategorikan salah satu gejala dari diabetes, tetapi ternyata sering buang air kecil juga sangat erat hubungannya dengan gejala dari batu ginjal.

Kesepuluh, demam

Jika sudah terinfeksi, maka tentu saja akan menimbulkan demam di tubuh Anda. Demam ini akan persisten dan semakin meninggi bahkan menyebabkan penderita demam menggigil.

Perlu Anda ketahui bahwa rasa sakit yang ditimbulkan batu ginjal ini menunjukkan gejala batu ginjal yang bisa berpindah tempat. Misalnya dari daerah kemih dan bergerak-gerak. Itulah gejala yang harus Anda waspadai dari batu ginjal. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat dan Fit – sehatfit.com


Tags: , , , , , , , , , ,