Cara Pola Hidup Sehat, Info Makanan Sehat Tips Kesehatan




10 Cara Mengatasi Diare Paling Cepat dan Ampuh

Hampir semua orang pernah mengalami diare, dan saat ini terjadi semuanya pasti membutuhkan cara mengatasi diare. Hal ini penting mengingat diare merupakan penyakit yang tidak bisa diremehkan. Meski memang bukan penyakit membahayakan seperti kanker atau jantung, tapi diare juga bisa menyebabkan dehidrasi dan ini akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bisa beraktivitas. Selain akan mengganggu kesehatan, diare juga bisa membuat Anda tidak nyaman dan kurang senang. Sebab Anda harus berkali-kali ke WC hanya untuk buang air besar. Berikut cara alami yang bisa kami rangkum.

Inilah 10 cara mengatasi diare paling cepat dan ampuh

Cara Mengatasi Diare paling Cepat Eksklusif

Pertama, minum air putih

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar tidak dehidrasi adalah dengan terus menerus minum air putih. Jangan batasi minum Anda 2 liter, tetapi minum sebanyak-banyaknya. Yang paling penting adalah Anda tetap merasa segar dan kebutuhan ion tubuh Anda tercukupi dari cairan yang Anda minum. Minuman elektrolit juga baik untuk Anda, apalagi jika diare Anda sudah dibarengi dengan demam.

Kedua, makan yogurt

Makanan yang Anda makan mungkin akan mudah dikeluarkan kembali melalui diare, tetapi dengan mengonsumsi yogurt Anda bisa membunuh bakteri yang menyebabkan diare tersebut terjadi. Pilihlah yogurt yang sehat.

Ketiga, istirahat

Jika Anda diare dan sudah berkali-kali ke kamar mandi. Segeralah ambil waktu untuk beristirahat. Mengistirahatkan badan akan memberikan waktu untuk tubuh agar memperbaiki dirinya sendiri selain dengan bantuan dari luar oleh Anda. Untuk mengurangi rasa sakit di perut, sambil istirahat, Anda bisa mengompres perut dengan air hangat. Sambil tidur, Anda bisa menghirup air kaldu atau air hangat ditambah dengan garam.

Keempat, minum obat

Cara mengatasi diare yang keempat adalah dengan meminum obat. Anda bisa mengurangi diare dengan obat-obatan yang dapat menghentikan diare Anda. Mungkin ini bukan cara terbaik untuk tubuh Anda karena bisa jadi diare merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang membuang kotoran tak penting dari tubuh. Maka dari itu, jangan terlalu sering melakukannya. Lakukan hanya jika Anda membutuhkannya saja.

Kelima, hindari makanan ini

Beberapa makanan harus Anda hindari saat mengalami diare. Jangan salah, jika makanan ini Anda konsumsi kemungkinan diare akan tambah parah. Adalah susu, keju, dan produk susu lainnya kecuali yogurt. Selain itu, Anda perlu menghindari makanan tinggi serat, makanan berminyak, kafein, dan makanan yang mengandung gula dalam jumlah banyak. Sebaliknya, Anda bisa mengonsumsi wortel yang dimasak, roti panggang, kerupuk soda, ayam tanpa kulit, sup, kentang, pisang, dan beras atau nasi lembut. Lebih baik jika makanan tersebut di buat dengan bentuk yang lebih lembut.

Keenam, teh chamomile

Cara mengatasi diare yang selanjutnya adalah dengan menggunakan teh chamomile. Anda bisa mengonsumsinya lewat seduhan teh atau memakai sekantung teh chamomile yang sudah ada di mana saja.

Ketujuh, sereal dan makanan yang harus dikonsumsi

Konsumsilah makanan yang mengandung tepung seperti tepung tapioka, sereal, dan lain-lain. Pilihan terbaik Anda adalah kentang rebus dan bukan oatmeal, hal ini karena oatmeal memiliki kandungan serat dalam jumlah yang tinggi dan bisa memperburuk keadaan perut Anda.

Kedelapan, blueberry

Cara mengatasi diare selanjutnya adalah dengan memakai blueberry. Tidak hanya buahnya tetapi juga akarnya. Ya, akar pohon blueberry memang sudah sejak lama menjadi obat tradisional untuk diare paling manjur. Jika Anda mengonsumsi buahnya, pilihlah buah blueberry kering.

Kesembilan, kulit jeruk

Pilihlah kulit jeruk organik yang tidak terkontaminasi dengan pestisida atau zat lainnya. Obat diare tradisional ini bisa Anda buat dengan cara merebus kulit jeruk yang telah diiris dan mengambil air didihannya. Dinginkan air dan minumlah. Anda boleh menambahkan madu jika mau.

Kesepuluh, biji fenugreek

Salah satu obat tradisional yang sudah diteliti untuk diare adalah penggunaan biji fenugreek. Pengobatan ini cocok untuk penderita dewasa dan belum ditemukan untuk penderita anak-anak. Caranya adalah dengan merebus biji dan meminum sisa air atau sari-sarinya.

Itulah sepuluh cara mengatasi diare paling cepat dari sehatfit.com yang sudah banyak dilakukan dan terbukti ampuh mengatasi diare. Anda bisa terbebas dari penyakit ini dan tentu saja dalam menjalani aktivitas Anda kembali dengan tenang.


Tags: , , , , , , , , , , ,